Selasa, 28 Maret 2023

Manfaat Daun Endive

 

 

 

5 manfaat andewi dan cara memakannya
Tanaman endive memang belum populer di Indonesia. Endives milik keluarga yang sama dengan sawi. Meski tanaman ini masih belum begitu populer, namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, terutama untuk sistem pencernaan.
Tumbuhan yang memiliki nama lain ini kaya akan vitamin dan mineral, serta serat. Maka dari itu, tidak heran jika tanaman ini mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut penjelasannya:

1. Antioksidan bagi tubuh
Vitamin A dan C yang terkandung dalam endives merupakan sumber antioksidan bagi tubuh manusia. Kandungan vitamin A pada endives sebanyak 2167 IU dan vitamin C sebanyak 6,5 mg.
Antioksidan merupakan zat penting yang harus ada dalam tubuh. Tubuh manusia menghasilkan radikal bebas sebagai residu dari proses metabolisme tubuh sendiri. Radikal bebas ini dapat merusak sel-sel tubuh.
Radikal bebas adalah molekul dengan elektron yang tidak berpasangan. Molekul ini berbahaya ketika sedang mencari elektron lain untuk berikatan.
Radikal bebas ini bersifat reaktif dan merusak molekul dalam tubuh. Ini dapat merusak molekul tubuh. 

Radikal bebas dapat muncul dari:

Asap rokok
Polusi udara
Paparan langsung sinar UV
Terkena pestisida
Penggunaan obat yang berlebihan
Efek yang tidak diinginkan dari radikal bebas termasuk kerusakan jaringan dan penyakit kronis. Efek radikal bebas dapat dicegah dengan bantuan antioksidan dalam tubuh.
Antioksidan berperan sebagai pasangan elektron bagi radikal bebas, sehingga radikal bebas tidak merusak struktur molekul lain. Antioksidan juga mampu mencegah pertumbuhan struktur karsinogenik.
Struktur karsinogenik adalah struktur molekul atau zat yang dapat menyebabkan kanker di dalam tubuh. Struktur karsinogenik ini mengubah struktur DNA dan mengganggu proses biologisnya, juga mengganggu fungsi biologisnya. 

2. Berperan dalam pembekuan darah
Tumbuhan endive kaya akan vitamin K, yang menyediakan hingga 231 mikrogram, atau 289% dari kebutuhan harian seseorang. Kandungan vitamin K yang tinggi inilah yang membuat tanaman andewi sangat baik untuk wanita dan penderita anemia.
Vitamin K adalah vitamin endogen yang termasuk dalam kategori vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin K terbagi menjadi dua bagian, vitamin K1 (berasal dari produk nabati) dan vitamin K2 (berasal dari produk hewani). Salah satu fungsi vitamin K adalah ikut serta dalam pembekuan darah. Proses pembekuan darah membutuhkan protein dan vitamin K tertentu. Proses pembekuan darah ini mencegah terjadinya perdarahan yang berlebihan dan tidak terkontrol.
Vitamin K berperan dalam mengaktifkan pembekuan darah, serta protrombin dan antikoagulan.
Protrombin adalah senyawa glikoprotein yang diproduksi oleh hati. Vitamin K sangat mendukung sintesis protrombin. Antikoagulan adalah zat yang mencegah pembentukan gumpalan darah.  

3. Menjaga kesehatan Mata
Vitamin A yang terdapat pada endive merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas pada retina dan lensa mata.
Kandungan vitamin A yang tinggi pada tanaman andewi membuatnya sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Vitamin A dapat mencegah degenerasi makula dan katarak.
Degenerasi makula sebagian besar merupakan gangguan penglihatan yang berkaitan dengan usia. Namun bukan berarti penyakit ini tidak bisa menyerang anak muda.
Degenerasi makula adalah penyakit mata progresif yang memburuk seiring bertambahnya usia. Pasien dengan degenerasi makula mengalami penurunan penglihatan, menyebabkan mereka melihat objek menjadi kabur.
Katarak adalah gangguan penglihatan yang melibatkan lensa keruh dan keruh. Katarak dapat memengaruhi penglihatan jika tidak ditangani tepat waktu. Ini karena katarak dapat berkembang dan memengaruhi penglihatan.
Beberapa gejala yang dialami penderita katarak adalah sebagai berikut.
Pemandangan tampak seperti kabut
Lihat lingkaran cahaya di sekitar cahaya
Penglihatan berlipat ganda
Kemunduran kualitas penglihatan pada malam hari
Warna-warna di sekitarnya tampak pudar 

4. Mulai saluran pencernaan dan turunkan berat badan
Tanaman endive (terutama bagian daunnya) mengandung senyawa bioaktif seperti inulin yang justru membantu menjaga kesehatan pencernaan. Zat inulin ini merupakan prebiotik yaitu bakteri baik dalam proses pencernaan di usus.
Selain itu, serat inulin dari tanaman endive ini mendorong penurunan berat badan. Pasalnya, mengonsumsi endives secara rutin bisa membuat tubuh merasa lapar lebih lama. Karena inulin memperpanjang penyerapan karbohidrat. 

5. Membantu terserap ke dalam proses metabolisme fungsi tubuh
Tumbuhan endive mengandung mineral mangan hingga 21% dari kebutuhan harian seseorang. Mangan, atau lebih dikenal sebagai mangan, terlibat dalam metabolisme tubuh.
Mangan bertindak sebagai metalloenzyme dalam metabolisme. Metaloenzim adalah zat atau senyawa logam yang bertindak sebagai kofaktor yang mampu mengikat molekul. Adanya metaloenzim seperti mangan di dalam tubuh dapat mempercepat proses penguraian molekul makanan seperti karbohidrat, lemak dan protein serta membantu dalam produksi energi. 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kandungan Nutrisi Daun Parsley

Kandungan Nutrisi Daun Parsley   I. Pengenalan Daun Parsley ·          Apa itu Daun Parsley ·          Sejarah dan Asal ...